Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MAU ATAU TIDAK?


Rabu 13 Jun 2018

Pw S. Antonius dari Padua, Imam dan Pujangga Gereja

[...] siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga (Mat 5:19)

1Raj 18:20-39; Mzm 16:1-2.4-5.8.11; Mat 5:17-19
---o---

Nabi Elia, Bapa para Karmelit, sendirian melawan empat ratus lima puluh nabi Baal di hadapan se- luruh Israel. Ia dengan gagah berani memperta- hankan imannya akan Allah, sehingga akhirnya seluruh Israel sujud menyembah dan mengakui 'Tuhan, Dialah Allah!' (bdk. 1Raj 18:39). Demikian pula, St. Antonius da- ri Padua yang hari ini kita peringati. Ia dikenal sebagai seorang pengkhotbah dan ahli kitab suci yang membawa banyak jiwa yang tersesat karena pelbagai bidaah yang marak di zamannya kembali ke iman yang benar.

Kedua tokoh ini adalah teladan pelaku Injil yang pan- tas kita contoh. Mereka melakukan dan mengajarkan pe- rintah-perintah Allah dengan ketulusan, kesetiaan, ke- beranian dan kerendahan hati. Tak diragukan lagi mereka menduduki tempat yang tinggi dalam Kerajaan Surga: Nabi Elia diangkat ke surga dengan kereta berapi dalam angin badai (bdk. 2Raj 2:11), sedangkan Antonius digelari Santo, orang kudus, oleh Gereja.

Untuk mewartakan Injil kita tidak harus lebih dahulu menjadi imam seperti St. Antonius, atau nabi besar se- perti Elia. Mewartakan Injil adalah panggilan bagi setiap pengikut Kristus. Persoalannya bukanlah apakah kita bisa atau tidak, tetapi apakah kita mau atau tidak. Bila kita mau, rahmat Allahlah yang bekerja menyertai kita.


(Sr. M. Amadea, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2018 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.