Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







SUKACITA YANG BENAR


Sabtu 06 Okt 2018

Pfak S. Bruno, Imam
Hari Sabtu Imam


Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga. (Luk 10:20)

Ayb 42:1-3.5-6.12-17; Mzm 119:66.71.75.91.125.130 Luk 10:17-24
---o---

Wajar dan manusiawi jika kita bersukacita karena tugas perutusan yang dipercayakan kepada kita berjalan dengan baik. Sukacita ini hendaknya disertai sikap bersyukur kepada Tuhan yang lahir dari kerendahan hati, karena tetap menyadari ketergantungan kita kepada Tuhan.

Namun, Yesus memberi alasan lebih dalam dan mendasar bagi kita untuk bersukacita, yaitu `nama kita ada terdaftar di surga`. Apa artinya? Artinya, kita patut bersukacita karena kita beroleh surga, beroleh hidup kekal, dan `Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus` (Yoh 17:3). Alasan utama sukacita kita adalah kita boleh mengetahui atau mengenal Yesus. Oleh karena itu, dalam syukurNya Yesus berkata, `[`], tidak ada seorang pun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu` (ay. 22). Dibandingkan dengan pengenalan akan Tuhan atau hidup kekal ini, semua keberhasilan di dunia tidak ada artinya. Sukacita atas keberhasilan pelayanan pun pertama-tama karena orang yang dilayani `beroleh surga`, bukan karena setan takluk kepada kita, dll. Jangan sampai, karena terbuai oleh `keberhasilan pelayanan`, nama kita tercoret dari surga!


(Sr. Salve Regina, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.