Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Profil Tarekat Putri Karmel & CSE


VIVIT DOMINUS IN CUIUS CONSPECTU STO
(ALLAH HIDUP, AKU BERDIRI DI HADIRAT-NYA)


Putri Karmel (P.Karm) dan Carmelitae Sancti Eliae (CSE) adalah dua buah kongregasi baru di dalam Gereja yang muncul karena panggilan Roh untuk memenuhi suatu bentuk pelayanan baru yang dibangkitkan Roh di dalam Gereja sebagai dua bersaudara. Putri Karmel sebagai saudara sulung didirikan pada tanggal 19 Maret 1982, sedangkan CSE didirikan pada tanggal 20 Juli 1986 (hari raya Nabi Elia) oleh pendiri yang sama, Rm. Yohanes Indrakusuma, CSE. Putri Karmel diakui sebagai kongregasi religius tingkat diosesan pada tanggal 2 Februari 2002, sedangkan CSE diresmikan sebagai kongregasi religius klerikal tingkat diosesan pada tanggal 20 Juli 2012.


Bapa Pendiri Rm. Yohanes Indrakusuma, CSE


Para Suster Putri Karmel


Para Frater CSE

VISI MISI PUTRI KARMEL & CSE

"Dalam kuasa Roh Kudus mengalami dan menghayati kehadiran Allah yang penuh kasih dan menyelamatkan, sampai pada persatuan transforman,
serta membawa orang lain pada pengalaman yang sama."

POLA HIDUP PUTRI KARMEL & CSE

Cita-cita dan tujuan hidup para suster Putri Karmel dan frater CSE dituangkan dalam pola-pola hidup tertentu. Pola dasarnya ialah suatu bentuk KONTEMPLATIF TERBUKA, yang mengutamakan doa dan kontemplasi dalam keheningan dan kesunyian, dalam semangat kelepasan, tapa, serta kesederhanaan dalam segala hal, terpadu dengan unsur-unsur hidup bersama. Sesudah itu, sesuai dengan panggilan dan karunia Roh yang berbeda-beda, para suster dan frater dapat memilih hidup khusus yaitu:


Padang Gurun Suster


Padang Gurun Frater

POLA KONTEMPLATIF AKTIF
Bagi mereka yang terpanggil untuk memberikan pelayanan aktif kepada sesama. Mereka dapat memberikannya dalam berbagai bidang pewartaan dan karya-karya spiritualitas, seperti membimbing orang kepada pengalaman Allah yang sejati, mengajar orang untuk mengenal lorong-lorong doa dan kontemplasi serta hidup persaudaraan yang tulus ikhlas. Di samping itu mereka dapat menolong sesama dengan menyediakan rumah-rumah mereka sebagai pusat penyegaran rohani, di mana orang dapat datang serta berjumpa dengan Allah, dan ditolong untuk mendapatkan penyembuhan yang menyeluruh, baik jasmani, batin maupun spiritual, serta menemukan pembaruan hidup. Putri Karmel dan CSE juga menciptakan rumah mereka menjadi suatu OASIS yang sejuk bagi orang yang kehausan dan kelelahan dalam perjalanan hidup ini, suatu tempat pengharapan bagi yang putus asa. Ini semua mereka lakukan karena kuasa Roh Kudus dan karunia-karunia-Nya yang dianugerahkan Tuhan kepada mereka. Juga dalam pola hidup ini, doa dan kontemplasi harus dijunjung tinggi, serta dinomor-satukan.

POLA KOMUNITAS PADANG GURUN
Pola hidup ini disediakan bagi mereka yang dipanggil oleh Roh kepada kesunyian yang lebih besar, untuk hidup melulu bagi Allah. Mereka ini tidak melakukan karya pelayanan keluar, melainkan tetap melakukan pekerjaan-pekerjaannya di dalam komunitas. Mereka mendukung saudara-saudaranya yang memberikan pelayanan aktif dengan doa dan pengorbanan mereka. Pola hidup ini merupakan bagian hakiki dari spiritualitas Putri Karmel dan CSE dan mengingatkan kita akan dimensi eskatologis kehidupan kita. Cara hidup ini menyadarkan kita serta merupakan pengakuan, bahwa Allah adalah yang pertama dan utama dan bahwa Dia patut dicintai demi diri-Nya dan bukan karena alasan lain.

  KARYA PELAYANAN PUTRI KARMEL & CSE

  • Pembinaan kader-kader dan pusat spiritualitas
  • Pendidikan pemuridan
  • Pelayanan umum kepada umat: retret, rekoleksi, pendalaman iman, kursus Kitab Suci dan hidup rohani, pelayanan doa dan penyembuhan.
  • Pembinaan kaum muda: pengkaderan kaum muda, camping rohani, dan lain-lain.
  • Sekolah
  • Pelayanan rohani lewat media massa

  SPIRITUALITAS PUTRI KARMEL & CSE

  • Spiritualitas Karmel Awali
    Para suster Putri Karmel, imam dan frater CSE mau terus menerus hidup di hadirat Allah dalam kesunyian dan keheningan untuk mencapai persatuan cinta kasih yang sempurna dengan Allah, seturut cita-cita Regula Karmel dan teladan Bunda Maria serta Nabi Elia, dan para kudus Karmel.
  • Spiritualitas Pembaruan Hidup dalam Roh
    Melalui pembaruan Hidup dalam Roh, para suster Putri Karmel, imam dan frater CSE dibawa pada kesadaran akan kehadiran Roh Kudus, agar kehidupan mereka seluruhnya dikuasai dan digerakkan seluruhnya oleh Roh Allah sendiri, memasuki hubungan yang mendalam dengan Allah, dan juga membawa orang lain pada pengalaman yang sama.


KONGREGASI PUTRI KARMEL

Pertapaan Karmel
Tromol Pos 1
Tumpang - Malang 65156
Telp: 0341-7888650


KONGREGASI CARMELITAE SANCTI ELIAE (CSE)

Pertapaan Shanti Bhuana
P.O. Box 25
Cipanas-Cianjur 43253
Telp : 0263-58241
Fax : 0263-582063








Redaksi "SABDA KEHIDUPAN"

Pertapaan Karmel
Tromol Pos 1
Tumpang - Malang 65156
Telp: 0341-788650
HP: 085-234-289-427











©Copyright 1990-2017 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.